Perkembangan Digitalisasi Pada Sistem Absensi Karyawan

Perkembangan Digitalisasi Pada Sistem Absensi Karyawan

Memasuki era digital, kini hampir semua kegiatan dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan didukung oleh kecanggihan teknologi. Secara umum, pengertian dari era digital adalah suatu masa yang sudah mengalami perkembangan dalam segala kehidupan menjadi serba digital. Perkembangan era digital atau juga yang sering disebut digitalisasi, terus berjalan dan tidak dapat dihentikan di dalam kehidupan manusia. Hal ini pun didukung oleh permintaan dan tuntutan masyarakat modern yang ingin segala sesuatunya menjadi lebih praktis dan efisien.

 

Setiap perkembangan tentunya akan mengarah terhadap perubahan, dan setiap perubahan pasti memiliki dampak terhadap kehidupan. Perubahan berjalan dengan cepat dan kini menjadi suatu hal yang biasa bagi setiap manusia. Kemajuan teknologi pun merupakan faktor utama dari terjadinya perubahan dalam era digital. Saat ini, semua aktivitas manusia dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital melalui penggunaan komputer secara maksimal.

 

Komputer pun dibuat lebih pintar, dimana ia dapat mempelajari pola dan kebiasaan pengguna yang juga disebut dengan machine learning. Tidak hanya itu, kini hampir seluruh benda-benda juga dapat terkoneksi dengan internet. Dengan adanya internet, seluruh pekerjaan dapat dioperasikan jarak jauh. Komunikasi pun dapat dijalankan dengan lebih mudah dan lebih lancar. Perkembangan digitalisasi semakin mempermudah manusia, terutama dalam urusan pekerjaan. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi suatu perusahaan.

 

Salah satu keuntungan dari perkembangan digitalisasi untuk perusahaan ialah pemanfaatan teknologi dalam sistem absensi karyawan. Sistem absensi karyawan merupakan sebuah sistem yang mencatat data kehadiran karyawan setiap harinya berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah diatur dalam sebuah perusahaan. Data ini akan menampilkan waktu kedatangan dan kepulangan karyawan, sehingga dapat diketahui jika ada karyawan yang lembur, terlambat, dan tidak masuk kerja karena izin, cuti, ataupun sakit. Dengan data yang diperoleh dari sistem absensi karyawan, HR pun tidak akan bingung saat merekap data kehadiran untuk keperluan perhitungan gaji karyawan.

Dahulu, sistem absensi karyawan biasanya dicatat secara manual di dalam sebuah buku absensi. Sebelum mulai bekerja, karyawan diharuskan untuk mengisi nama, divisi, dan waktu masuk di buku tersebut. Sistem manual ini tentunya memakan banyak waktu dan alat yang membuat divisi HRGA (Human Resource and General Affair) kewalahan dengan banyaknya data. Belum lagi mereka harus mengawasi integritas data yang tercatat dan merekapnya secara manual untuk kebutuhan pencatatan.

 

Seiring dengan kemajuan teknologi, sistem absensi karyawan pun mulai bertransformasi secara digital. Kini, mulai banyak perusahaan yang beralih dari sistem absensi manual ke sistem absensi otomatis atau berbasis online untuk memastikan rekaman kehadiran karyawan dapat tercatat dengan rapi dan efisien. Meski bagi beberapa perusahaan terutama divisi HRGA, sistem absensi karyawan yang bersifat online ini menjadi tantangan tersendiri yang harus dilewati. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis sistem alat elektronik untuk merekam kehadiran secara digital.

 

Sistem absensi digital memiliki banyak keunggulan, salah satunya dapat dihubungkan dengan penggunaan web agar lebih efektif, dimana identitas karyawan beserta dengan daftar kehadiran dapat dilihat dan direkapitulasi menggunakan tabel digital. Bahkan, data absensi karyawan juga dapat disimpan pada database berbasis cloud, sehingga perusahaan tidak harus menyediakan perangkat tambahan untuk menyimpan data kehadiran. Dengan sistem absensi yang canggih, lembur karyawan juga bisa terdata secara otomatis, sehingga para HR dapat memantau aktivitas karyawannya dengan lebih mudah.

 

Dengan perkembangan digitalisasi, sistem absensi karyawan berbasis online atau otomatis kini menjadi metode absensi yang paling sering digunakan oleh perusahaan. Tidak hanya mempermudah pencatatan, metode absensi ini dinilai sangat aman dan sulit untuk direkayasa.

 

Sebagai sarana penunjang absensi karyawan, TS Solution turut melakukan perubahan ke arah yang lebih baik agar pekerjaan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Kami pun dapat melakukan tracking terhadap karyawan yang tidak masuk tanpa alasan atau bolos sehingga kami dapat memberikan langkah lebih cepat kepada klien. Tidak hanya itu, klien pun dapat melakukan pengecekan pekerjaan ataupun kondisi team TS yang ditempatkan di lokasi.

 

TS Solution merupakan perusahaan outsourcing kebersihan dengan standar Jepang. Pengalaman industri selama hampir 15 tahun menjadikan TS Solution perusahaan outsourcing terdepan untuk memenuhi kebutuhan kebersihan di lingkungan perkantoran. Hubungi TS Solution di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2020 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

GET IN TOUCH

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811