Menilik Sejarah The Black Death

Menilik Sejarah The Black Death

Pandemi yang terjadi saat ini akibat virus COVID-19 atau virus corona ternyata bukanlah pandemi penyakit pertama yang pernah terjadi di dunia. Sepanjang sejarah, kehidupan manusia telah dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi akibat dari berbagai macam penyakit menular. Salah satunya dikenal dengan The Black Death.

The Black Death adalah pandemi penyakit yang terjadi pada pertengahan hingga akhir abad ke-14 yang disebabkan oleh wabah PES. Muncul di Eropa di tahun 1347 kemudian memuncak pada tahun 1348-1350, wabah penyakit ini telah merenggut dua pertiga populasi manusia di benua Eropa dan lebih dari 75 juta jiwa di seluruh dunia. Banyaknya korban jiwa yang berjatuhan inilah yang membuat the black death menjadi wabah yang paling menghancurkan dalam sejarah manusia.

Orang yang terserang dan meninggal karena wabah ini memiliki gejala khas yang disebut dengan acral necrosis, dimana penderitanya akan mengalami perubahan warna kulit menjadi hitam akibat pendarahan subdermal. Perubahan ini biasanya terjadi di bagian jari tangan, jari kaki atau ujung hidung. Tidak hanya menghitam, biasanya kulitnya pun akan melepuh. Maka dari itulah orang-orang London pada saat itu menyebutnya dengan istilah Black Death.

Penyakit PES adalah penyebab terjadinya the black death. Wabah ini disebabkan oleh bakteri yersinia pestis yang terdapat dalam kutu tikus, khususnya tikus hitam yang suka tinggal di dekat manusia. Tikus-tikus tersebut lah yang membawa parasit kutu yang kemudian hinggap dan menggigit manusia hingga terjadilah wabah mematikan ini. Buruknya sistem sanitasi pada saat itu menjadi sarang tikus untuk berkembang biak dan berkeliaran sehingga penyebaran penyakit ini pun terjadi dengan cepat.

Menilik sejarah, awal masuknya PES ke Eropa ialah melalui dekat Laut Kaspia, wilayah selatan Rusia (saat ini masuk wilayah Ukraina), pada musim semi tahun 1346 lalu menyebar ke barat lewat migrasi tikus-tikus coklat Rusia yang membawa kutu dengan bakteri yersinia pestis. Tikus-tikus tersebut bermigrasi dengan ikut naik ke kapal dagang lalu menyusup di antara karung dan keranjang barang.

Saat bermigrasi lewat kapal dagang, kutu-kutu dari tikus coklat akhirnya hinggap pada tikus hitam. Dalam perjalanan, banyak tikus yang terinfeksi PES mati sebab tikus hanya mampu bertahan selama sepuluh hingga empat belas hari setelah terinfeksi. Namun sayangnya, kutu yang terdapat pada tikus mati tersebut tetap bertahan hidup dan kemudian mencari tempat hinggap baru. Sebagai gantinya, kutu-kutu kelaparan itu akhirnya bersarang di tubuh manusia.

Awalnya kutu tikus akan menempel di baju manusia, kemudian menular dari satu orang ke orang lain. Sementara sebagian kutu lainnya mencari tikus baru saat kapal sudah mendarat. Kapal-kapal tersebut mendarat dan mengangkut muatan dari beberapa kota seperti Venice, Genoa, dan London. Lewat jalur perdagangan inilah wabah penyakit PES mampu menyebar ke segala penjuru Eropa bahkan hingga ke seluruh dunia.

Wah ternyata sebelum terjadinya pandemi corona sudah ada pandemi black death yang bahkan lebih menakutkan dan merenggut banyak korban jiwa ya. Tentunya tidak ada yang ingin wabah seperti ini dapat terjadi lagi. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan harus senantiasa kita perhatikan dan kita jaga. Apalagi wabah penyakit ini disebabkan oleh hama yang biasa berkeliaran di sekitar kita.

Terdapat hama di lingkungan kantor atau rumah anda? Tenang, tak perlu khawatir! Segera hubungi TS Solution sebagai tenaga profesional yang telah terpercaya dalam mengendalikan dan membasmi hama. Tunggu apalagi segera hubungi kami di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut.

 

Sumber:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/