Mengenal Rayap Si Hama Perusak Benda

Mengenal Rayap Si Hama Perusak Benda

Siapa sih yang suka jika rumah, kantor, atau propertinya diserang oleh hama? Hama merupakan organisme yang sangat merugikan dan tidak diinginkan oleh manusia dalam kegiatan sehari-hari. Meski merujuk kepada semua organisme, namun dalam praktiknya, istilah hama ini paling sering digunakan untuk mendeskripsikan hewan. Seekor hewan dapat disebut sebagai hama jika menyebabkan kerusakan pada sistem ekosistem yang alami atau menjadi penyebar penyakit dalam habitat manusia.

 

Salah satu hama yang dianggap paling merusak dan mengganggu kegiatan sehari-hari manusia ialah rayap. Rayap dikenal sebagai hama perusak di banyak bangunan seperti rumah atau perkantoran. Dikenal sebagai anai-anai atau “semut putih”, rayap adalah serangga sosial anggota Infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea yang dikenal luas sebagai hama yang mudah dijumpai dalam kehidupan manusia. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga termasuk serangga sosial. 

 

Sebutan rayap sebenarnya mengacu pada hewannya secara umum, namun terdapat beberapa bentuk yang berbeda dari yang kita kenal, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial. Di dalam koloninya, rayap tidak memiliki sayap. Namun, terdapat beberapa rayap yang bisa mencapai bentuk bersayap dan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan. Oleh sebab inilah, rayap kerap kali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan dan beterbangan mendekati cahaya, atau yang dikenal sebagai laron. 

 

Sama seperti lebah, rayap hidup secara berkoloni dan memiliki kedudukan masing-masing di dalam suatu kelompok. Pada sistem sosialnya, raja dan ratu rayap memiliki tugas untuk berkembang biak atau dalam kata lain untuk meneteskan calon-calon rayap baru. Ukuran tubuh yang lebih besar biasanya menjadi perbedaan mencolok yang dimiliki oleh pemimpin atau raja dan ratu rayap. Umumnya, pemimpin rayap akan selalu dilindungi dan dihormati oleh kelompoknya.

 

Selain raja dan ratu, di dalam suatu kelompok terdapat bagian lainnya yakni kelompok rayap prajurit dan kelompok rayap pekerja. Selain memiliki ukuran yang lebih kecil dari pemimpinnya, kelompok rayap prajurit juga memiliki capit atau sengatan pada bagian kepala yang digunakan sebagai senjata untuk membela diri dan melawan musuh yang mengancamnya. Sedangkan kelompok pekerja memiliki ciri ukuran tubuh yang lebih kecil dan berwarna putih. Rayap pekerja merupakan kelompok yang jumlahnya paling banyak dari yang lain. Mereka bertugas mencari makanan dan membentuk sarang pada kayu atau tanah.

 

Setiap harinya, rayap pekerja akan bekerja sama dalam mengumpulkan makanan. Makanan yang telah didapat oleh rayap pekerja biasanya akan dikumpulkan di dalam suatu rongga atau ruangan khusus untuk menyimpan makanan yang sebelumnya telah dibuat rayap. Hasil makanan yang dikumpulkan ini kemudian akan dikonsumsi oleh semua anggota rayap. Para rayap pekerja juga akan menimbun makanan untuk persediaan apabila musim dingin tiba dan tidak memungkinkan mereka untuk mencari makan akibat hujan yang membuat terbatasnya sumber makanan. Biasanya, jamur yang berada di lingkungan tempat tinggal rayap menjadi sumber utama makanan mereka.

 

Untuk dapat bertahan hidup, rayap membutuhkan tempat dengan kelembaban yang tinggi. Rayap sangat menyukai tempat yang gelap dan lembab namun dengan suhu yang hangat. Kondisi iklim tropis di Indonesia menjadi alasan mengapa rayap dan populasinya tumbuh secara merata di setiap daerah di Indonesia. Rayap kerap tinggal di dalam kayu atau mendekati permukaan tanah, sebab rayap tidak tahan terhadap cahaya sehingga harus tinggal di tempat gelap. Tidak hanya bersarang di kayu, rayap juga biasanya memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. 

 

Rayap merupakan salah satu hama paling merusak di dunia. Kehadiran rayap kerap tidak disukai oleh semua orang sebab rayap dianggap sebagai hama perusak benda sekitar yang biasanya terbuat dari kayu. Banyak bangunan atau properti yang rusak akibat hama ini sehingga mengakibatkan kerugian finansial yang besar untuk biaya perbaikan. Rayap juga sulit ditemukan karena hidup di bawah tanah dan menggerogoti kayu dari dalam.

 

Jika tidak segera dikendalikan dan dibasmi, rayap dapat menyebabkan kerusakan besar pada struktur bangunan. Pengendalian serangan rayap akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Tidak hanya pada aspek keselamatan dan sosial lingkungan, tetapi secara tidak langsung juga mempunyai manfaat ekonomis. Oleh sebab itulah, bantuan pembasmi rayap profesional ialah cara yang paling efektif dalam mendeteksi, memonitor, dan mengendalikan rayap di sekitar Anda.

 

Memiliki masalah dengan rayap atau hama pengganggu lainnya? Butuh bantuan pengusir hama profesional? Tak perlu khawatir! Segera hubungi TS Solution sebagai tenaga profesional dan yang telah terpercaya dalam mengendalikan dan membasmi hama. Tunggu apalagi! Hubungi kami di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut.

 

Sumber:

 

https://rimbakita.com/rayap/#:~:text=Mengenal%20Rayap,-Spesies%20rayap%20hampir&text=Rayap%20merupakan%20serangga%20purba%20yang,memiliki%20peranan%20penting%20bagi%20lingkungan.

https://kumparan.com/kumparansains/mengenal-3-kasta-rayap-dan-laron-peran-dan-kehidupannya-1sVPVJ6ShBM

https://id.wikipedia.org/wiki/Rayap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/