Memahami Pentingnya Mencuci Tangan Melalui Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

Memahami Pentingnya Mencuci Tangan Melalui Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa tepat pada tanggal 15 Oktober 2021 kemarin, kita merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day. Meski terdengar sebagai sebuah tindakan sederhana, namun mencuci tangan merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran kuman dan penyakit. Bahkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC mencatat, mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bisa mencegah 1 dari 3 penyakit diare serta 1 dari 5 infeksi saluran pernapasan, seperti pilek atau flu.

Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober di seluruh dunia ini, sengaja dibuat untuk mengingatkan kita betapa pentingnya mencuci tangan demi menjaga kita tetap aman dan sehat. Global Handwashing Day sendiri merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB dan bekerjasama dengan organisasi-organisasi lain baik dari pihak pemerintah maupun swasta, untuk menggalakan perilaku mencuci tangan kepada masyarakat, sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita serta pencegahan terhadap penyakit yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Penetapan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober ini pun diumumkan untuk pertama kalinya di Stockholm, Swedia, saat Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 23 Agustus 2008. Hal tersebut juga seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Sanitasi Internasional pada saat Rapat Umum PBB. Diharapkan dengan adanya peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku hidup sehat pada khususnya dapat diperbaiki.

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia terus digalakan hingga saat ini sebagai upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun, terutama di tengah pandemi yang terjadi sekarang. Pada tahun 2021, Hari Cuci Tangan Sedunia pun diperingati dengan tema “Masa Depan di Tangan Kita, Mari Bergerak Bersama”. Tema ini menyerukan tindakan terkoordinasi secara global, untuk secara aktif dapat menerapkan perilaku bersih dan hidup sehat dengan mencuci tangan.

Namun, mengapa sih mencuci tangan itu sangat penting? Sebab kuman dan virus penyebab penyakit yang tak kasat mata di tangan kita dapat dengan mudah dihilangkan hanya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Apalagi saat ini sedang terjadi pandemi dimana virus dapat menyebar dengan mudah dan cepat. Oleh karena itulah, cuci tangan menjadi sangat penting terutama ketika selesai menggunakan kamar mandi, saat menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah batuk atau bersin, dan menyeka hidung.

Mencuci tangan dengan sabun dan air tidak hanya sederhana dan murah, tetapi juga tindakan pencegahan yang sangat efektif dalam mengurangi jumlah penyebaran penyakit, terutama pada anak kecil. UNICEF mencatat, penyakit seperti diare dan pneumonia telah merenggut nyawa jutaan anak kecil di seluruh dunia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan CDC, mencuci tangan dapat mengurangi jumlah anak kecil yang terkena diare sebesar 23-40 persen, mengurangi ketidakhadiran karena penyakit gastrointestinal pada anak sekolah sebesar 29-57 persen, dan mengurangi penyakit pernapasan pada anak sebesar 16-21 persen.

Penyakit-penyakit tersebut tentunya dapat dicegah apabila kita dapat mengedukasi anak-anak sedini mungkin untuk rajin mencuci tangan sebelum beraktivitas. Bahkan selama pandemi saat ini, mencuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Tanpa disadari, sepanjang hari tangan kita menyentuh banyak permukaan benda yang membuat kita berisiko terpapar banyak kuman dan virus, salah satunya virus corona. Saat tangan kita menyentuh kuman atau virus yang tidak terlihat, mereka kemudian dapat berpindah ke tubuh kita melalui hidung, mulut, dan bahkan ketika kita menggosok mata.

Meski terlihat sederhana, ternyata mencuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan tindakan pencegahan penyebaran penyakit yang sangat penting ya. Yuk, kita budayakan untuk senantiasa mencuci tangan dengan baik dari sekarang! Tingkatkan perlindungan terhadap virus penyakit dengan mewujudkan budaya bersih dan sehat bersama TS Solution! TS Solution merupakan perusahaan outsourcing kebersihan dengan standar Jepang. Pengalaman industri selama hampir 15 tahun menjadikan TS Solution perusahaan outsourcing terdepan untuk memenuhi kebutuhan kebersihan di lingkungan perkantoran. Hubungi TS Solution di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/