3 Manfaat Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan Di Lingkungan Kerja

3 Manfaat Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan Di Lingkungan Kerja

Penyebaran kasus covid-19 di Indonesia hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Pergerakan masyarakat pun kian dibatasi untuk mencegah penularan. Di antara semua kasus penularan virus covid-19, klaster perkantoran menjadi salah satu penyumbang terbesar. Dalam upaya pencegahan, protokol kesehatan pun diberlakukan di hampir seluruh perusahaan di Indonesia. Dari pembatasan karyawan yang masuk dengan menyesuaikan ukuran ruangan, mematikan pendingin ruangan, menjaga sirkulasi ruangan, serta penyemprotan desinfektan secara rutin dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan.

 

Tidak dapat dipungkiri, lingkungan kerja sebagai tempat berinteraksi dan berkumpulnya orang memiliki resiko tinggi terhadap penyebaran. Untuk memutus mata rantai penularan, semua pihak pun perlu dilibatkan terutama para penggiat usaha dan pekerja kantoran. Meski rentan penularan, namun kegiatan di perkantoran tetap harus berjalan agar roda perekonomian negara pun tetap terus berputar. Oleh sebab itu, diperlukan upaya dalam meminimalkan resiko penularan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan menjaga kebersihan di lingkungan kerja.

 

Tanpa disadari, kondisi lingkungan kerja merupakan hal yang sangat mempengaruhi tingkat produktivitas karyawan. Meningkatkan kualitas lingkungan kerja dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan. Dengan lingkungan kerja yang bersih dan sehat maka para karyawan pun dapat bekerja dengan nyaman serta terbebas dari penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan kerja memberikan banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut:

 

  1. Terhindar dari penyakit

Salah satu alasan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan kerja adalah agar terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi di saat pandemi seperti ini yang menuntut kita untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa bakteri, kuman, dan virus lebih mudah untuk berkembang biak di lingkungan yang kotor. Sedangkan menurut sebuah penelitian, meja kerja di kantor adalah sarang berjuta-juta bakteri. Bahkan, ternyata jumlahnya 400 kali lebih banyak dari bakteri di dudukan toilet. Hal ini disebabkan tangan setiap karyawan yang menggunakan meja sebelumnya menyentuh banyak bakteri dari luar kantor, seperti kendaraan umum, eskalator, atau lift. Jika lingkungan kerja tidak terawat dan tidak terjaga dengan baik kebersihannya maka dapat menyebabkan beragam jenis penyakit mudah berkembang.

 

  1. Produktivitas Meningkat

Kebersihan lingkungan kerja juga berpengaruh dengan kepuasan dan kenyamanan karyawan. Kantor yang bersih dan tertata rapi akan meningkatkan mood para karyawan yang ada di dalamnya, sehingga dapat membuat mereka semakin semangat dalam bekerja. Selain itu, ide-ide baru dan kreatif pun bisa lebih mudah muncul.  Dengan perasaan nyaman ketika bekerja maka produktivitas pun akan meningkat. Bahkan, karyawan pun akan merasa betah berlama-lama di kantor. Pekerjaan pun dapat dilakukan dengan baik dan lebih maksimal jika para karyawan senantiasa dalam kondisi fit dan terjaga kesehatannya.

 

  1. Sistem Kerja Semakin Efektif dan Efisien

Dengan karyawan yang sehat dan kinerja serta produktivitas yang meningkat maka kondisi lingkungan kerja yang efektif dan efisien pun dapat tercipta. Ketika perusahaan dapat senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja maka sistem kerja akan menjadi lebih lancar dan mudah untuk dijalankan. Para karyawan juga mampu bekerja secara maksimal dengan hasil yang optimal. Pekerjaan pun akan dapat ditangani dengan baik dan cepat oleh para karyawan dengan perasaan bahagia.

 

Nah itulah 3 manfaat yang akan didapatkan apabila kita senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan kerja. Kebersihan lingkungan kerja merupakan kondisi dimana lingkungan kerja secara fisik terasa nyaman dan terlihat bersih. Tidak ada sampah, debu, kotoran, hama, dan lain sebagainya. Dengan terciptanya kebersihan di lingkungan kerja maka akan berdampak positif baik bagi perusahaan maupun karyawan. Oleh sebab itu, mari belajar untuk saling mengingatkan satu sama lain untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dimanapun kita berada.

 

Ingin memiliki lingkungan kerja yang bersih dan sehat? Jangan khawatir! TS Solution adalah solusinya! TS Solution merupakan perusahaan outsourcing kebersihan dengan standar Jepang. Pengalaman industri selama hampir 15 tahun menjadikan TS Solution perusahaan outsourcing terdepan untuk memenuhi kebutuhan kebersihan di lingkungan perkantoran. Hubungi TS Solution di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut. 

 

Sumber:

https://doffie.com/harus-tahu-ini-5-manfaat-menjaga-kebersihan-lingkungan-kerja/

https://www.sodexo.co.id/kebersihan-lingkungan-kerja-demi-meningkatkan-produktivitas/

https://mediaindonesia.com/opini/409396/pencegahan-penularan-covid-19-di-tempat-kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/