Mengenal 5S, Slogan Hidup Masyarakat Jepang Untuk Mewujudkan Budaya Bersih

Mengenal 5S, Slogan Hidup Masyarakat Jepang Untuk Mewujudkan Budaya Bersih

Sudah tidak asing lagi bagi kita, bahwa Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki budaya disiplin yang sangat tinggi, baik soal waktu, kebersihan, maupun dalam aspek kehidupan lainnya. Sejak kecil masyarakat di Jepang sudah diajarkan pentingnya untuk senantiasa membudayakan kedisiplinan dalam hidup. Maka tak heran, dari mulai anak kecil hingga orang tua bahkan para lansia, semuanya menjunjung tinggi nilai budaya disiplin.

Budaya disiplin tersebut tidak terlepas dari 5 slogan hidup yang selalu diterapkan oleh masyarakat Jepang sehingga telah menjadi kebiasaan. Kelima slogan hidup tersebut dikenal oleh masyarakat Jepang sebagai ‘5S’. Bagi yang pernah bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang mungkin sudah familiar dengan istilah 5S, sebab sebagian besar perusahaan Jepang selalu menerapkan slogan tersebut sebagai nilai dasar atau fundamental perusahaan. Lalu apa saja sih yang termasuk dalam 5S? Berikut ialah 5 slogan hidup masyarakat Jepang untuk mewujudkan budaya kebersihan:

  1.   Seiri (Ringkas)

Seiri merupakan kegiatan yang berfokus pada prinsip keteraturan dalam pemilihan/sortir barang mana yang diperlukan dan tidak diperlukan. Pada dasarnya, prinsip seiri berarti membuang sampah atau benda-benda yang tidak lagi dibutuhkan dan hanya menyimpan yang masih dibutuhkan. Dengan demikian, benda-benda tersebut tidak menumpuk dan menjadi berantakan.

Slogan Seiri sangat dibutuhkan terutama dalam lingkungan kerja dengan kondisi perusahaan yang tidak tertata rapi sehingga menyulitkan pegawai dalam pencarian data atau dokumen. Hal ini tentu saja berpengaruh pada efisiensi waktu dalam bekerja dan menghambat kinerja operasional. Selain itu, dengan senantiasa menerapkan prinsip seiri dalam budaya kerja maka akan menjadikan tempat kerja menjadi lebih nyaman, rapi dan bersih.

  1.   Seiton (Rapi)

Setelah menerapkan Seiri, kemudian diikuti dengan slogan yang kedua yakni Seiton atau rapi. Seiton berarti mengembalikan segala benda yang digunakan sebelumnya ke tempat semula. Slogan ini juga bermakna berurutan atau sesuai aturan. Dengan menerapkan seiton maka kita akan mengatur segala sesuatu untuk penggunaan dan pengembalian yang lebih efisien.

Seseorang pun akan lebih mudah menemukan kembali barang yang dicarinya. Jika selalu menerapkan slogan ini maka tanpa disadari hal ini akan menjadi kebiasaan dan budaya kita dalam menjaga kebersihan. Contoh kecilnya dalam merapikan kamar yang berantakan. Hal ini juga akan meminimalisir resiko kehilangan barang, sehingga sangat berguna jika senantiasa diterapkan pada sistem kerja perusahaan.

  1.   Seiso (Resik)

Jika sudah memilah barang dan merapikannya, maka selanjutnya ialah membersihkan atau menjaga kebersihan. Seiso atau resik sendiri diartikan sebagai kebersihan. Seiso harus selalu diterapkan dari mulai sekolah hingga tempat kerja karena setiap orang harus membersihkan lingkungan sekitar mereka agar bebas dari debu dan sampah.

Dengan senantiasa menjaga kebersihan maka kita juga akan terlindung dari penyakit. Penerapan slogan seiso dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti membersihkan AC, mengelap kaca, mengepel lantai, menyapu halaman, membuang sampah dan membersihkan WC. Semua kegiatan tersebut dilakukan guna menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar kita.

  1.   Seiketsu (Rawat)

Seiketsu atau rawat berarti mempertahankan agar tempat atau lingkungan tetap ringkas, resik, dan rapi. Sistem kerja dari ketiga S sebelumnya tidak dapat dilakukan hanya sekali, melainkan harus dilaksanakan secara berkala. Setelah melakukan tiga langkah pertama maka perlu diterapkan prinsip seiketsu untuk memastikan bahwa ketiganya dilakukan dengan baik tanpa ada yang terlewat sedikit pun.

Untuk dapat mengontrol penerapan dari ketiga prinsip pertama tersebut diperlukan adanya standarisasi tertentu agar mudah diikuti oleh semua orang. Dengan demikian, kebersihan suatu lingkungan dapat dijaga dan dipelihara secara terus menerus. Salah satu contoh yang dapat diterapkan di perusahaan ialah melakukan pengawasan dengan membuat checklist atas pekerjaan 3S (seiri, seiton, seiso) yang telah dilakukan dalam keseharian kita di lingkungan kerja.  Fase ini tentunya membutuhkan komitmen dan kedisiplinan yang tinggi dari seluruh masyarakat.

  1.   Shitsuke (Rajin)

Terakhir ialah shitsuke atau rajin. Setelah benar-benar melakukan keempat prinsip sebelumnya tentunya diperlukan kerajinan dan kedisiplinan diri sendiri agar 4S pertama dalam menjadi sebuah kebiasaan. Dengan menerapkan shitsuke maka kita akan mengikuti dan melakukan dengan benar aturan yang ada dalam kegiatan sehari-hari tanpa kita sadari.

Negara Jepang selalu menerapkan prinsip atau slogan 5S di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengajarkan kelima prinsip tersebut sedari kecil dan menerapkannya secara rutin, maka lambat laun hal tersebut akan menjadi gaya hidup dan kebiasaan yang akhirnya melekat menjadi budaya yang terus berkembang. Jika kelima slogan ini diterapkan dalam suatu perusahaan maka dapat dipastikan tempat kerja akan berjalan secara efektif dan terjaga keamanan serta kualitas kinerjanya. Tidak hanya dapat mempertahankan standar sebelumnya, namun standar perusahaan pun akan meningkat secara bertahap.

Wah tentunya banyak sekali ya pelajaran yang dapat kita ambil dari slogan hidup masyarakat Jepang ini. Yuk sama-sama kita belajar untuk membiasakan menerapkan prinsip 5S tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar lingkungan yang bersih dapat terwujud. Karena kebiasaan yang baik pastinya akan membuahkan hal yang baik juga ya. Mari wujudkan budaya bersih bersama TS Solution!

TS Solution merupakan perusahaan outsourcing kebersihan dengan standar Jepang. Pengalaman industri selama hampir 15 tahun menjadikan TS Solution perusahaan outsourcing terdepan untuk memenuhi kebutuhan kebersihan di lingkungan perkantoran. Hubungi TS Solution di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/