Beragam Manfaat Melakukan Perawatan AC Secara Rutin

Beragam Manfaat Melakukan Perawatan AC Secara Rutin

Bagi para pengguna AC atau Air Conditioner, benda elektronik ini menjadi salah satu benda penolong saat musim kemarau tiba atau suhu udara sedang panas. Tak heran, penggunaan AC terutama di kota-kota besar atau yang terkenal memiliki cuaca yang panas pun semakin meningkat. Tidak hanya di perkantoran, AC pun kini banyak digunakan di rumah, toko, sekolah, dan lain-lain. Intensitas penggunaannya pun semakin meningkat, dari mulai pagi hingga malam setiap harinya, terutama pada perkantoran besar yang minim akan ventilasi udara.

 

Namun sayangnya, intensitas penggunaan AC ini tidak sebanding dengan jangka waktu perawatannya. Masih banyak pengguna yang mengabaikan perawatan rutin dan pemeliharaan barang elektronik untuk pendingin udara ini. Padahal, perawatan sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan mesin AC agar tetap bisa digunakan dengan baik dan maksimal. Selain itu, melakukan perawatan rutin atau pemeliharaan akan membuat AC memiliki umur yang lebih panjang bahkan melebihi 10 tahun. Jadi, jika ingin memiliki AC dengan performa yang optimal dalam jangka waktu yang lama, perawatan dan pemeliharaan yang rutin adalah jawabannya.

 

Kerusakan atau gangguan pada AC tidak hanya akan mengganggu kenyamanan saja, namun juga dapat menyebabkan pembengkakan biaya tagihan listrik yang harus dibayarkan. Menjaga AC tetap bersih dan bekerja dengan baik akan mencegah biaya perbaikan yang mahal dan meningkatkan efisiensi kinerja AC. Penggunaan AC haruslah diimbangi dengan perawatannya, oleh sebab itu jangan lupa untuk melakukan service AC sedini mungkin untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut ialah beragam manfaat dari melakukan perawatan AC secara rutin:

 

  1. Menghemat pengeluaran tagihan listrik

Tahukah Anda bahwa AC atau pendingin ruangan yang rusak dan bocor dapat mengakibatkan tagihan listrik membengkak secara tidak terduga? Kebanyakan kasus AC rusak disebabkan oleh tidak melakukan service sejak kerusakan di tahap awal, sehingga semakin lama dibiarkan maka semakin parah kerusakannya. Hal ini pun akan mempengaruhi biaya listrik di masa datang. Dengan melakukan maintenance secara berkala maka Anda pun dapat menghemat pengeluaran tagihan listrik yang harus dibayarkan.

 

  1. Masa operasional AC lebih lama dan stabil

Terkadang, terdapat faktor-faktor yang tidak disadari yang ternyata membuat AC perlahan-lahan menjadi rusak, contohnya munculnya kebocoran kecil, cuaca ekstrim, saluran tersumbat, hingga kerusakan kipas secara permanen. Untuk menghindari hal-hal tersebut, diperlukan perawatan secara rutin sehingga akan langsung diketahui apabila ada kerusakan sekecil apapun pada AC. Dengan menangani kerusakan secara cepat dan mengecek kondisi mesin, maka performa AC pun akan lebih stabil, awet, dan tahan lama.

 

  1. Meningkatkan efisiensi energi

Udara yang keluar dari AC menjadi tidak dingin kerap menjadi masalah bagi para pemilik dan pengguna AC. Banyak yang beranggapan bahwa masalah ini diakibatkan oleh freon yang sudah habis. Permasalahan ini pun seringkali diabaikan dan dianggap remeh. Padahal jika dibiarkan, hal ini akan merugikan dalam segi biaya maupun dampak yang ditimbulkan pada lingkungan karena menjadi boros energi.

 

  1. Menjaga kualitas udara tetap dingin

Melakukan perawatan AC secara rutin tidak hanya baik bagi mesinnya, namun juga kualitas udara yang Anda hirup. Kondisi AC yang baik akan menghasilkan udara bersih yang tentunya sangat baik bagi kesehatan. Untuk memeriksa kualitas udara yang dihasilkan oleh AC, Anda dapat menyiapkan satu tisu atau kain putih bersih lalu diletakkan di depan lubang AC yang mengeluarkan udara. Jika kualitas udara yang dihasilkan bersih maka kain tersebut tidak akan berubah warna dan terdapat kotoran debu yang menempel.

 

Nah itulah beragam manfaat yang akan didapatkan jika Anda melakukan perawatan AC secara rutin. Pemeliharaan atau perawatan AC tidak perlu menunggu sampai muncul gejala-gejala kerusakan terlebih dahulu. Anda dapat mulai melakukan service tiga bulan setelah membeli AC. Setelah itu, sebaiknya lakukanlah perawatan secara rutin sesuai dengan kebutuhan dan intensitas penggunaan. Janganlah menunda perawatan karena AC termasuk alat elektronik yang rawan terjadi masalah apabila tidak dikontrol dan dibersihkan secara berkala. Dengan jarang melakukan perawatan pada AC maka kerusakan yang ditimbulkan akan lebih parah di kemudian hari, sehingga biaya dan material yang dibutuhkan untuk memperbaikinya menjadi jauh lebih mahal.

 

Perawatan AC yang dilakukan sekarang akan berdampak di masa yang akan datang. Sudahkan Anda melakukan perawatan pada AC Anda dengan teratur? Apabila Anda bukanlah seorang yang ahli dalam urusan perawatan AC maka menyerahkan kepada ahlinya adalah pilihan yang tepat. Gunakanlah layanan profesional agar perawatan AC lebih baik dan efisien. Jika Anda merasakan muncul alergi secara tiba-tiba dan tagihan listrik membengkak, maka TS Solution akan membantu Anda untuk memberikan perawatan yang terbaik untuk AC dan kesehatan Anda. Hubungi TS Solution di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/