Memahami Pentingnya Penyemprotan Disinfektan Di Masa Pandemi

Memahami Pentingnya Penyemprotan Disinfektan Di Masa Pandemi

Munculnya varian baru Covid-19 dengan tingkat penyebaran yang lebih cepat merupakan alarm bagi masyarakat untuk semakin meningkatkan perlindungan diri dan keluarga. Masyarakat kini dituntut untuk senantiasa waspada dan membatasi mobilitasnya dengan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Tidak cukup hanya memperketat protokol kesehatan, namun pencegahan dengan penyemprotan disinfektan pun perlu dilakukan.

Penyemprotan cairan disinfektan kerap dilakukan di tengah pandemi saat ini, bahkan seperti menjadi sebuah bagian yang wajib dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran. Tempat-tempat umum dan lokasi yang dianggap sebagai media penyebaran virus corona seperti pasar, mall, perkantoran, hingga sarana transportasi biasanya menjadi sasaran utama dilakukannya penyemprotan disinfektan. Tidak hanya oleh instansi resmi seperti pemerintah, warga dan masyarakat pun berlomba-lomba melakukan penyemprotan secara mandiri di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Meski kini cairan disinfektan sendiri sudah mulai banyak digunakan dan diperjualbelikan, bahkan kehadiran bilik disinfeksi di sejumlah perumahan pun mudah ditemukan, namun apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan disinfektan? Menurut Ketua Umum PP Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Prof. Arif Sumantri, disenfektan merupakan proses dekontaminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati, berbeda dengan antiseptik yang membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan hidup.

Berdasarkan jurnal GMS Hygiene and Infection Control, disinfeksi perlu diterapkan terutama di area yang beresiko, misalnya pada perabot atau benda-benda yang sering disentuh. Disinfektan tidak digunakan pada kulit maupun selaput lendir, karena beresiko mengiritasi kulit dan berpotensi memicu kanker. Disinfektan hanya dapat digunakan untuk membersihkan permukaan benda, salah satunya dengan cara mengusapkan larutan pada bagian yang terkontaminasi misalnya pada lantai, dinding, meja, daun pintu, saklar listrik, dll. Sementara itu, untuk penggunaan disinfektan dengan teknik spray atau fogging dapat digunakan untuk mengendalikan jumlah antimikroba dan virus di ruangan yang beresiko tinggi.

Dalam proses penyemprotan disinfektan pada ruangan yang sulit dijangkau, biasanya digunakan sinar UV dengan panjang gelombang tertentu agar dapat mencegah penularan mikroorganisme patogen dari permukaan benda ke manusia. Cairan disinfektan yang direkomendasikan digunakan untuk disinfeksi biasanya mengandung alkohol 70%, sodium hipoklorit, amonium kuarterner (sejenis detergen kationik), hidrogen peroksida, dan senyawa antimikroba alami seperti eucalyptus (minyak kayu putih). Bahan-bahan tersebut dinilai ampuh dalam membunuh virus-virus dan kuman-kuman yang menempel di permukaan benda, salah satu contohnya adalah bakteri salmonella yang dapat bertahan di permukaan benda kering hingga 24 jam.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, virus covid-19 dapat bertahan di permukaan benda seperti plastik dan stainless steel selama 72 jam. Oleh karena itu, dengan rajin membersihkan rumah, kantor, atau area lingkungan sekitar serta melakukan penyemprotan disinfektan, hal tersebut dapat mengurangi resiko penularan infeksi penyakit apapun. Meskipun telah melakukan protokol kesehatan selama di luar rumah, namun peluang virus berdiam dan menempel di anggota tubuh atau barang yang dibawa masih ada. Sebab virus tidak kasat mata, sehingga sebaiknya tetap dilakukan upaya pencegahan ekstra dengan menyemprotkan disinfektan setelah bersih-bersih, terutama di masa pandemi saat ini.

Banyak sekali kerugian yang timbul ketika kita tidak sadar akan bahayanya pandemi virus yang tengah terjadi. Dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin maka dapat mencegah penyebaran serta mengurangi resiko penularan infeksi penyakit akibat kuman, bakteri, dan virus berbahaya. Terutama untuk area perkantoran yang menjadi salah satu klaster terbesar dari penularan virus covid-19, penyemprotan disinfektan dapat meminimalisir kerugian akibat pekerja yang sakit. Oleh karena itu, penyemprotan disinfektan di masa pandemi saat ini penting untuk dilakukan.

Penyemprotan disinfektan harus dilakukan dengan prosedur yang baik dan benar, seperti menggunakan baju pengaman dan pelindung diri lainnya. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakanlah jasa disinfeksi yang sudah terpercaya dan berpengalaman. Jasa disinfektan dan sterilisasi dari TS solution siap membantu Anda dan bisnis Anda agar tidak hanya bersih, namun juga sehat. Jaminan ruangan bebas dari virus bahkan sampai ke cela terkecil. Ayo lakukan disinfeksi di rumah, kantor, dan lingkungan anda sekarang.

Pemeriksaan, pengerjaan, dan pemantauan dilakukan secara menyeluruh oleh tenaga yang ahli serta berpengalaman di bidangnya. Percayakan TS Solution untuk memberikan layanan terbaik dengan kualitas kerja yang telah terbukti dan terpercaya. Hubungi TS Solution di 021-2962-0480 untuk informasi lebih lanjut.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/