Kreatif vs Inovatif

Kreatif vs Inovatif

Kreatif vs Inovatif

Persaingan yang merata secara global menuntut individu maupun perusahaan untuk terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Kreatif dan inovatif adalah dua kata kunci yang sering dijadikan keharusan bagi entitas yang ingin terus bersaing dan menjaga eksistensinya. Dengan memiliki kedua hal tersebut dipercaya akan menjaga kualitas sebuah perusahaan maupun individu dalam persaingan yang semakin hari semakin kompetitif. Sayangnya, masih banyak yang menganggap bahwa kreatif dan inovatif adalah hal yang sama. Memang sekilas seperti serupa tapi tak sama. Ada baiknya mengenal dan menyelami kembali dua kualitas yang vital bagi semua orang.

  • Kreatif

Berasal dari bahasa Latin yaitu “Creo” atau ”to create” dalam bahasa Inggris, kreatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan, dan bersifat mengandung daya cipta; pekerjaan yang menghendaki kecerdasan dan imajinasi. Dengan kata lain, kreatif dapat diterjemahkan sebagai sebuah tahapan atau proses penciptaan sesuatu dengan memanfaatkan pikiran yang nantinya akan menghasilkan sebuah ide, gagasan, pemikiran, karya seni dan lain-lain. Seorang yang memiliki kreativitas dapat menyelesaikan berbagai tugas ataupun menciptakan sebuah hal baru yang berkualitas pula. Banyak diyakini bahwa setiap manusia terlahir dengan kemampuan untuk berpikir kreatif. Namun sayangnya tidak semua manusia memanfaatkan bakat tersebut dengan baik. Pengusaha sukses, pemimpin dunia, musisi, seniman, artis dan berbagai profesi lainnya yang menangguk kesuksesan dengan mengembangkan cara berpikir kreatif. 

Kreatif juga bisa dikaitkan dengan berbagai hal yang berhubungan segala upaya mengeluarkan potensi pikiran manusia untuk mendapatkan ide. Sudah semakin jelas bahwa fokus utama dari upaya kreatif adalah untuk mendapatkan ide atau bereksperimen dengan pemikiran. Kreativitas seseorang juga bisa dipicu dengan mengolah segala sesuatu yang diterima oleh pancaindra dan mewujudkannya sebagai sebuah ide. Berpikir kreatif juga bisa dianggap sebagai tahapan awal untuk memulai dan menunjukkan cara menyelesaikan sebuah masalah. Membiasakan berpikir kreatif bisa dilakukan dengan cara melatih diri untuk menemukan ide-ide baru. Dari ide-ide itulah kita akan terbiasa untuk menyelesaikan masalah dengan cara efektif dan efisien. Dalam tahapan lebih lanjutnya kreatif dapat dianggap sebagai suatu keadaan di mana seseorang mampu memunculkan cara baru yang sebelumnya belum pernah ada dan menciptakan ide-ide atau hal-hal yang baru atau berbeda dari yang lain.

  • Inovatif

Dalam bahasa Inggris innovation memiliki arti pembaharuan atau perubahan. Inovasi juga bisa memiliki pengertian yaitu seseorang yang memiliki ide, konsep, atau metode baru. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Penemuan itu bisa berupa gagasan, metode, atau alat. Individu dengan kualitas inovatif yang dimilikinya akan memiliki kemampuan untuk membuat sebuah ide yang orisinil, dengan memanfaatkan elemen yang ada dan mewujudkannya sebagai sebuah ide baru serta memiliki potensi untuk menerapkan ide-ide tersebut ke dalam karyanya. Inovatif mendorong seseorang untuk melakukan suatu pengembangan dari sebuah ide atau gagasan yang sudah pernah diciptakan untuk kemudian dimanfaatkan dengan membuatnya ke dalam sebuah tindakan. Bisa juga dikatakan bahwa inovatif memang sangat terkait dengan kreatif karena memanfaatkan ide yang dihasilkan dari pemikiran kreatif untuk diterapkan dalam hal nyata. Dengan kata lain Boleh inovasi merupakan hasil dari penerapan dari ide-ide kreatif. Inovasi sendiri memang bisa diartikan sebagai upaya untuk memperkenalkan suatu perubahan pada sistem yang relatif stabil, sehingga beberapa pihak akan merasa terganggu dengan inovasi

Dengan berinovasi, manusia dapat menyempurnakan penemuan-penemuan yang sudah ada. Penemuan-penemuan yang sudah dirasakan manfaatnya dapat diperbaharui melalui sebuah inovasi namun tetap harus mengikuti dengan perkembangan zaman. Harapannya dengan muncul berbagai inovasi tersebut banyak orang yang akan mendapatkan manfaatnya dari berbagai macam bidang, seperti teknologi, otomotif, pendidikan hingga olahraga. Semakin banyak munculnya inovasi, maka akan semakin banyak kemudahan yang dirasakan karena dari inovasi lah berbagai permasalahan yang ada diuraikan atau bahkan ditemukan solusi terbaiknya. Bisa dirumuskan bahwa berpikir inovatif adalah cara berpikir dengan tujuan untuk memperbaharui penemuan-penemuan yang sudah ada dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TS Solution didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kebersihan dan keterampilan manajemen. Dengan standar kebersihan Jepang dan pengalaman teknis yang relevan, kami memastikan untuk memberikan solusi kebersihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Copyright 2024 PT Hamparan Rejeki

IKUTI KAMI

OFFICE

Rukan Emerald Blok UB No.23
Kota Summarecon
Bekasi 17142

Rukan Emerald Blok UF No. 06
Kota Summarecon
Bekasi 17142

HUBUNGI KAMI

PHONE :

021-2962-0480

021-8945-4797

021-8945 2763

FAX :

021-29572811

https://tssolution.id/